Jumat, 07 Januari 2011

Apa itu SEO?



Tak kenal maka tak sayang. Begitulah pepatah yang tepat untuk mengenal suatu hal baru. Sama seperti postingan sebelumnya tentang bisnis online, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu pengertian dari SEO itu sendiri. Bagi anda yang sudah mengetahui hal ini bukan menjadi masalah, tapi bagaimana dengan orang yang belum mengetahuinya? Pasti bertanya-tanya, apa itu SEO?

Sebelum kita membahas apa itu SEO mari kita lihat beberapa fakta penting dari SEO.

1. Mata manusia 4 kali lebih sering melihat hasil di sebelah kiri dibandingkan di sebelah kanan.

Artinya apa? Artinya jika blog maupun website anda muncul sebagai traffik gratis yang letaknya disebelah kiri maka blog anda mendapatkan 4 kali klik lebih banyak dari yang sebelah kanan.
2. 93% orang menggunakan search engine untuk mencari informasi.

Artinya siapa pun kalau sedang menghadapi masalah, mereka akan segera membuka search engine dan mencari keyword untuk mencari solusi.
3. Ada 87% pengunjung datang karena blog atau website tersebut muncul di halaman pertama.

Artinya anda akan kehilangan 87% calon pengunjung maupun pembeli. Padahal mereka sedang mencari keyword anda, kalau anda tidak muncul dihalaman pertama.
4. 75% pengunjung tidak pernah melihat lebih dari halaman ke-4.

Artinya kalau blog atau website anda muncul dihalaman ke-5, anda akan kehilangan 96,75 % calon pengunjung maupun pembeli. Padahal pengunjung ini sedang mencari informasi maupun produk yang anda jual.

Nah…berdasarkan fakta penting ini, tentu sangat rugi jika anda sudah punya blog atau website, tapi blog dan website tersebut tidak masuk ke halaman pertama.

Betul bukan?

Nah..sekarang bagaimana untuk masuk kehalaman pertama? Tentu kita harus tahu teknik SEO. Lalu SEO itu apa? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti mengoptimisasi atau mengoptimalkan mesin pencari.

Nah…di dalam dunia internet ada banyak sekali mesin pencari, dan jumlahnya lebih dari 50. Namun yang kita akan fokuskan adalah situs mesin pencari yang besar-besar saja yaitu sebagai berikut.

* Google. Yang menguasai pasar dunia adalah google. Google menguasai 70% lebih.
* Yahoo. Yahoo menguasai sekitar 16%-18%.
* MSN. MSN menguasai sekitar 4%.
* AOL
* Ask
* Dogpile
* dan lain-lain.

Jika blog mapun website anda muncul di google, dihalaman pertama google, maka anda sudah akan mendapatkan traffik yang besar sekali. Jadi, fokus kita kali ini hanyalah pada search engine untuk google.

Bagaimana caranya untuk masuk dihalaman pertama google? Kita akan bahas lain kali, karena pada postingan kali ini saya hanya ingin mengenalkan pada anda apa itu SEO.

0 komentar:

Posting Komentar